News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KABID HUMAS POLDA JABAR : UPAYA YANG DILAKUKAN POLRI CUKUP BERHASIL MEMINIMALKAN KEMACETAN, ANTARA LAIN DENGAN MENERAPKAN REKAYASA LALU LINTAS ONE WAY DI JALAN TOL

KABID HUMAS POLDA JABAR : UPAYA YANG DILAKUKAN POLRI CUKUP BERHASIL MEMINIMALKAN KEMACETAN, ANTARA LAIN DENGAN MENERAPKAN REKAYASA LALU LINTAS ONE WAY DI JALAN TOL



LintasBuana-Setelah pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat indonesia untuk dapat melaksanakan mudik lebaran tahun 2022 ini, maka Polri bersama instansi terkait tentunya sudah mempersiapkan skema rekayasa lalu lintas mudik dan balik  lebaran agar lancar. Mengigat animo masyarakat untuk mudik tahun 2022 ini cukup tinggi terutama pada transportasi darat.

Berbagai rekayasa lalu lintas diterapkan untuk mencapai motto mudik tahun ini, yakni mudik sehat, mudik aman, mudik lancar. Salah satu keberhasilan upaya Polri meminimalkan kemacetan dengan menggunakan rekayasa lau lintas One Way di jalan tol. Pengertian One Way  adalah rekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur yang semula dua arah menjadi satu arah. Sistem satu arah ini diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas jalan sehingga mencegah kemacetan.

“Kami sempat menanyakan kepada para pemudik yang melakukan perjalanan dari arah Jakarta menuju Semarang bisa ditempuh selama 4,5 jam hingga 5 jam, jadi menurut kami ini rekayasa One Way sangat efektif untuk mengurangi kepadatan-kepadatan yang ada diruas tol Jakarta sampai Cikampek,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si. 

Penerapan skema one way akan diberlakukan mulai 28 April 2022 atau sehari sebelun sebelum cuti lebaran yang jatuh pada 29 April 2022 dan berlaku mulai pukul 17.00 hingga 24.00 Wib, Jika one way diberlakukan, maka kendaraan yang melaju dari timur atau Tol Trans-Jawa dan dari Bandung menuju Jakarta tidak akan bisa melintas. Namun untuk jadwal One Way sendiri berlaku sangat situasional dan bergantung pada jumlah kendaraan yang melewati titik-titik ruas tol yang dipadati kendaraan. 

“Kami sebagai petugas Kepolisian tentu berharap kepada masyarakat dapat melaksanakan mudik dan balik  dengan sehat, aman dan lancar sesuai motto mudik tahun ini, dan alhamdulillah dengan sistem rekayasa One Way ini terbukti berhasil. Kami juga menghimbau kepada para pemudik agar selalu terapkan Prokes dan selalu mentaati rambu-rambu lalu lintas agar selamat sampai tujuan dan pulangpun dengan selamat,” tutup Ibrahim Tompo.

H. Deden S

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar